Jenis Kaos Sablon Manual dan Digital Printing DTG

Jenis Kaos Sablon Manual dan Digital Printing DTG

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kaos Sablon Manual, Digital Printing & DTG, Setidaknya ada 4 macam teknik sablon yang saat ini populer. Masing-masing memiliki kelemahan dan keunggulan baik dari sisi jumlah produksi maupun kualitas yang dihasilkan. Berikut ini ulasan singkat tentang jenis sablon.

1. Sablon Manual (Screen Printing)
Jenis sablon ini merupakan sablon tertua sebelum proses printing elektronik ditemukan. Caranya dilakukan secara manual, mulai dari membuat artwork, afdruk screen dan proses penyablonan. Teknisnya tinta dituang dalam secreen kemudian di kuas/dirakel dan selanjutnya cat akan merembes ke bahan kaos. Proses selanjutnya.

Rekomendasi :
Digunakan untuk kaos distro, jumlah banyak dan efek bermacam-macam. Ada 95% kaos distro diproduksi dengan sablon manual. Tidak direkomendasikan untuk sablon satuan.

kaos seragam solo

2. Sablon Digital (Digital Printing)
Sablon jenis ini ada dua, transper papper dan offset. Transfer papper, gambar yang ada dikomputer diprint ke dalam kertas transfer papper dengan tinta sublim. Selanjutnya kertas yang ada gambarnya ditaruh di atas kaos polos dan dilakukan heat press atau strika. Gambar dalam kertas selanjutnya akan menempel di kaos.

Kalau Offset, dilakukan dengan pemindahan gambar dengan tinta sublim kedalam kertas dengan teknik offset atau stensil. Berikutnya gambar yang telah menempel di kertas sublim di srtika atau di heat press ke kaos polos.

Rekomendasi :
Transfer Papper : sablon satuan, untuk anak2 atau event, kualitas kurang bagus, jumlah terbatas
Sablon Offeset : jumlah banyak, harga murah, contoh untuk kaos partai

3. Direct To Garmen (DTG)
DTG termasuk teknik baru, dengan melakukan modifikasi printer kertas menjadi printer garmen. Teknik DTG adalah memodifikasi printer yang bahannya tinta kertas menjadi tinta garmen. Selain itu bantalannya diubah, yang sebelumnya dengan kertas diganti dengan kaos. Proses sablon langsung terjadi dari head printer ke kaos dengan tinta garmen.

Rekomendasi :
Untuk kaos distro satuan, untuk kaos yang menonjolkan realis atau raster, tidak rekomend utk jumlah masal.

4. DTG Industri
DTG industri ini adalag DTG dengan kualitas industri. printernya seperti printing banner yang jumbo dengan bahan tinta khusus untuk tinta garmen. Printing terjadi langsung kedalam bahan polos dalam bentuk gulungan.

Rekomendasi :
Baiknya digunakan untuk industri yang tidak mementingkan effect, jumlah masal.

 

Related posts

Leave a Reply